Kamis, 03 Januari 2013

kecanduan internet

8 Gejala gangguan Kecanduan Internet




[Internet Sehat]  Kecanduan internet? Jangan diremehkan, lho. Perilaku ini sudah masuk dalam daftar Diagnostic and Statistical Manual of Mental Health Disorders (DSM-V) dan sudah sejak lama diperlajari.  Sedari tahun 1996 sudah Dr. Kimberly Young, telah menulis paper mengenai gangguan mental itu. Ia menekankan abhwa sama dengan gejala kecanduan lain, kecanduan pada internet melibatkan problem pada impuls kontrol diri.
Seperti apakah orang yang kecanduan internet? Kimberly Young telah membuat semacam tes kuesioner untuk mendiagnosa gangguan tersebut. Berikut adalah kuesioner yang bisa coba Anda jawab.  Apabila Anda menjawab ya pada setidaknya 5 pertanyaan, berarti Anda membutuhkan bantuan profesional.
  1. Apakah Anda merasa tertahan oleh internet? Seperti misalnya sudah memikirkan apa yang sudah Anda lakukan di internet dan apa yang akan Anda lakukan kalau online nanti?
  2. Apakah Anda merasa kebutuhan untuk onlie terus meningkat dari jumlah waktu dan kepuasan?
  3. Pernahkah Anda mencoba untuk mengontrol penggunaan internet tapi gagal?
  4. Apakah Anda merasa moody, depresi, dan terluka ketika berusaha untuk mengurangi waktu online atau berhenti online?
  5. Anda online lebih lama daripada waktu yang sebelumnya?
  6. Pernahkan Anda mengalami risiko kehilangan pekerjaan, ketinggalan pelajaran atau kehilangan hubungan baik dengan teman hanya karena internet?
  7. Pernahkah Anda berbohong pada anggota keluarga, terapis, atau pihak lain hanya demi lebih sering melakukan aktivitas online?
  8. Apakah Anda menggunakan internet sebagai cara untuk melarikan diri dari masalah atau memperbaiki mood?
Bagaimana hasilnya? Semoga saja Anda tidak tergolong orang yang menderita kecanduan dunia maya.  [Internet Sehat]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar